Humanis Religus?

Deen MF
Apa itu humanis religius?
sering kita mendengar istilah humanis religius tetapi apa maksudnya. secara pengertian humanis sendiri bertolak belakang dengan religius. humanis berarti anti agama namun tidak berarti religius anti humanisme.

Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia.


humanisme mempunyai cara berpikir bahwa mengemukakan konsep peri kemanusiaan sebagai fokus dan satu-satunya tujuan. Dengan kata lain, humanisme mengajak manusia untuk mementingkan keberadaan dan identitas mereka sendiri. Kamus umum mendefinisikan humanisme sebagai "sebuah sistem pemikiran yang berdasarkan pada berbagai nilai, karakteristik, dan tindak tanduk yang dipercaya terbaik bagi manusia, bukannya pada otoritas supernatural mana pun"

humanisme meyakini bahwa alam merupakan jumlah total dari realitas, bahwa materi-energi dan bukan pikiran yang merupakan bahan pembentuk alam semesta, dan bahwa entitas supernatural sama sekali tidak ada. Ketidaknyataan supernatural ini pada tingkat manusia berarti bahwa manusia tidak memiliki jiwa supernatural dan abadi; dan pada tingkat alam semesta sebagai keseluruhan, bahwa kosmos kita tidak memiliki Tuhan yang supernatural dan abadi.

Menurut Antony Flew Humanis religius adalah sikap konsisten secara sempurna dengan kepercayaan kepada tuhan.

pengertian humanis religius akhirnya bermuara pada sikap yang mengedepankan nilai-nilai religi dan sisi-sisi kemanusian.

jadi pertanyaan yang muncul adalah apakah anda termasuk manusia yang humanis?
atau yang religius? atau kedua-duanya? itu semua terserah anda.
Tags