Pengalaman Bisnis Warnet; suka dan dukanya

Deen MF
5 tahun bergelut di dunia perwarnetan, banyak suka dan duka yang saya terima. mulai pencurian oleh customer, perampokan, lokasi di tengah kampung yang rame, lokasi di pinggir jalan yang sepi, usaha borongan di warnet.

begitu banyak uang yang bisa di hasilkan oleh mesin bernama Personal Computer. coba anda bayangkan. suatu hari di warnet saya yang berukuran 3 x 7 meter persegi saya jejalkan lebih dari 10 bentuk usaha
1. sewa internet
2. jasa pengetikan
3. service komputer
4. jual beli
5. jasa design website
6. kursus komputer
7. jual beli pulsa
8. jual softdrink
9. jual chip poker
10. biro iklan
11. menerima pembayaran listrik, telepon dan PAM
12. Cetak foto digital
13. Transfer VCD-DVD
14. jasa pembuatan spanduk, undangan, MUG bergambar, PIN (percetakan)
15. jasa setting stempel, kartu nama dll

Luarbiasa bukan?
sampai saat ini saya sendiri belum mempunyai kesimpulan tentang usaha borongan ini. bagi beberapa orang ada yang mencibirnya, beberapa orang yang lain mengacungkan jempolnya.

bagi anda yang ingin bisnis warnet.......silahkan pertimbangkan bentuk usaha yang saya alami diatas.