Most Powerfull Investment

Deen MF
Kalau tidak salah judul tulisan ini artinya, investasi yang paling bagus.
jika anda berfikir investasi apa yang terbaik saat ini, mungkin akan memiliki jawaban yang bermacam-macam. pada kenyataannya banyak orang yang memiliki keahlian kekurangan modal uang. ada yang memiliki modal uang, namun tidak tahun harus diapakan uang tersebut.

usia saya sekarang 27 tahun. dari kecil saya belajar berdagang, muali dari dagang es mambo, jualan kripik bungkusan yang di titip di warung-warung, jualan minuman botol, seperti aqua, jualan telur saat kuliah sampai peringkat terbaik menurut saya saat ini saya menjual komputer second hand.

sejatinya pedagang adalah wiraswastawan yang mandiri. dimana ada barang, disitu dia mencari keuntungan. jika pedagang punya skill spesifik seperti teknisi komputer, dia bukan hanya mencari keuntungan dibalik barang jualanya, tetapi juga dia menjual skillnya sesuai ukuran yang tidak pasti.

bicara investasi, berdagang, jual beli atau trading adalah salah satu bentuk dari investasi. setelah bertahun-tahun belajar berdagang, ada satu kesimpulan yang saya tarik, BERDAGANG DENGAN MODAL KECIL PASTI UNTUNGNYA KECIL, BERDAGANG DENGAN MODAL BESAR, BELUM TENTU UNTUNGNYA BESAR.

ada lagi pelajaran berharga. investasi atau berdagang itu ada tiga kategori:
investasi di bidang produksi
investasi di bidang jasa
investasi di bidang barang


semua investasi memiliki resiko. secara umum bentuk investasi itu punya prinsip bahwa modal besar akan untung besar, modal kecil untungnya kecil juga.
jika investasi yang dilirik meliputi 3 bidang tersebut akan banyak tarik ulur antara investor dengan enterpreneur, tapi bagaimana kalu berinvestasi di indeks, saham tau bursa?
bisnis yang fleksibel, sangat liquid dan bisa di pertanggung jawabkan baik secara moral maupun institusional. bagi saya, ini adalah permainan baru, bentuk investasi yang selama ini selalu di pergunakan oleh pemilik modal yang katanya tidak bisa berdagang.

kalau sekiranya pembaca ada yang faham mengenai investasi di bidang ini, bolehlah kiranya memberikan sedikit pengetahuannya/komentarnya khususnya buat saya umumnya buat pembaca. terima kasih
Tags